Review VPS Time4VPS Part 2

1 minute read

Wahaha postingan ini udah lebih dari setahun ngendap sebagai draft 😂. Sekarang baru ada waktu lagi buat lanjutin.

Sebelum lanjut silakan baca dulu bagian pertama kalau belum.

CentOS 6 dan VestaCP

Yaks setelah VPS diinstall CentOS 6 dengan VestaCP 0.9 (ni VestaCP udah setahun lebih belum ada update lagi masih di 0.9 🤣) maka VPS udah siap buat diobrak-abrik. Jangan lupa untuk update dulu dengan perintah yum update untuk memastikan semuanya terupdate. Hanya saja berhubung VPS ini berbasis OpenVZ dan bukan KVM maka kernel terbarunya sebatas yang digunakan oleh hostnya saja. Lumayan jadul masih di 2.6 😓. Tapi meskipun masih 2.6 patch security-nya sudah up to date. Sisi positifnya RAM 2GB1GB itu pure buat user, engga seperti di KVM yang mana bakal kemakan buat kernel.

Cuma tadi kan milih yang ada VestaCP-nya. Tapi user dan password defaultnya tidak dirubah, dan tidak juga diinformasikan. Terpaksa harus google dulu buat nyari tau user dan password default VestaCP. Setelah dapat baru bisa buat user buat ngelola CMS. Meskipun fiturnya tidak sebanyak WHM atau ISPConfig tapi VestaCP ini sudah lebih dari cukup untuk kelola situs biar ga banyak edit-edit file config.

Untuk performa termasuk stabil. Selama lebih dari 1 tahun uptimenya OK banget. Maintenance pasti ada, tapi sebelumnya ada email buat ngasih tau ada maintenance, misal update kernel atau maintenance jaringan.

Kesimpulan

Jadi apakah Time4VPS.eu ini bagus? Ya, bagus banget. Dengan biaya €18.90 (pada saat tulisan ini diketik sekitar Rp267.000) setahun, kita dapat server pribadi sendiri dengan spesifikasi CPU 1 GHz, RAM 1GB, storage 10GB dan bandwidth 500GB. Jadi kalau butuh VPS terjangkau dan engga keberatan kalau servernya harus nun jauh di Eropa Timur sana, ini bisa jadi pilihan.

Comments